Uncategorized

Kenapa di Indonesia tidak ada truk besar bermerek Kenworth, Peterbilt dll?

Kenapa di Indonesia tidak ada truk – truk besar macam foto diatas? Mudah, karena:

  1. Ukuran, baik segi mesin dan badan dari truk ini sangatlah besar dibandingkan truk yang beredar di Indonesia. Ukuran yang terlalu besar sangat tidak efisien dan malah merepotkan, apalagi infrastruktur Indonesia tidak selengkap AS dan juga efisiensi bahan bakar jauh mengurangi keuntungan pengusaha ekspedisi atau pengiriman jarak jauh.
  2. Jaminan servis, jangankan truk besar asal AS, mobil – mobil kecil untuk keluarga asal AS saja jatuh semua penjualannya di Indonesia. Jaminan macam servis, suku cadang, sampai garansi tampaknya sulit sekali untuk meyakinkan orang Indonesia terutama pengusaha – pengusaha yang membutuhkan truk.
  3. Target pasar, setelah ukuran dan desain, tampaknya target pasar truk – truk macam ini tidak mampu bersaing di Indonesia. Pasar di negara kita sudah terbilang dikuasai secara masif oleh brand – brand Jepang yang ditambah juga sebagian kecil porsi untuk brand Jerman macam Mercedes-Benz. Kemungkinan untuk mendobrak pasar Indonesia terbilang kecil.
  4. Infrastruktur, bayangkan jalan tol di Indonesia saja belum sepenuhnya tersambung dan 100% memberikan konektivitas untuk masyarakatnya. Tidak lupa juga jalanan – jalanan daerah atau perkotaan yang kebanyakan sempit, padat, kecil, dan ramai, truk besar macam ini bisa dibilang akan sulit dioperasikan di lapangan.

Model dan desain truk besar seperti foto di atas jauh lebih dipilih orang Indonesia untuk melancarkan bisnis dan usaha transportasinya. Lagipula juga brand – brand yang bermain di segmen truk besar ini sudah lama memasang pondasi kuat untuk eksis terus di Indonesia.

Sedangkan truk besar macam Kenworth atau Peterbilt? Ragu saya bisa mampu bertahan jika masuk ke sini.

Tinggalkan Komentar